Mengenal Dan Membuat Enkripsi Php

Tanggal : 02 Jan 2019, Category : Tutorial, Create By : admin

Enkripsi adalah sebuah proses mengamankan sebuah informasi dengan membuat informasi itu tidak bisa di baca secara manual agar informasi tersebut tidak bisa di ketahui oleh orang lain, bisanya enkripsi sering kita gunakan dalam pembuatan password untuk login user, sebagai developer atau pembuatan aplikasi kita wajib membuat enkripsi tersebut untuk keamanan user login.

Bahasa pemprograman php ada banyak fungsi enkripsi yang bisa anda gunakan dalam mengamankan data, akan tetapi di pembahasan kali ini kami hanya menggunakan enkripsi sederhana yang sering di gunakan berikut nama fungsi dan contoh penggunaanya.

Fungsi Md5

Fungsi enkripsi md5 ini sering di gunakan untuk mengamankan sebuah data password, akan tetapi sekarang pengunaan fungsi md5 tidak di sarankan karena sudah banyak fasilitas untuk memecahkan algoritma md5, berikut contoh penggunaanya.

<?php
$a = 'password';
echo md5($a);
?>

output :

5f4dcc3b5aa765d61d8327deb882cf99

Penggunaan fungsi enkripsi md5 di sarankan menggabungkan dengan encripsi lainya agar lebih aman.

Fungsi Crypt

Fungsi crypt lebih aman di bandingkan dengan fungsi md5 karena fungsi crypt bisa menghasilkan hasil enkrip yang berbeda walupun informasi yang di masukan sama, berikut contoh penggunaanya.

<?php
$a = 'password';
echo crypt($a);
?>

output :

$1$Ln4.2b..$kDmGStS4axfXxCDVUkv9Y.

$1$u94.f0..$rVptQ5LvhdpWxqo0CjWHc/

Hasil dari enkripsi akan berbeda - beda, sesuai degan waktu pembuatan, untuk membuat fungsi if dari enkripsi di atas anda bisa mengguanakan script di bawah ini.

<?php
$a = 'password';
$b = '$1$Ln4.2b..$kDmGStS4axfXxCDVUkv9Y.';

if (crypt($a,$b)===$b){
echo "Benar";
}else{
echo "Salah";
}
?>

output :

Benar

Peneggunaan fungsi eckripsi sangat sensitive, huruf kapital dan kecil akan di bedakan, jika dalam pembuatan awalnya mengguanakan huruf kecil dan ketika pembuatan validasi menggunakan huruf besar maka hasilnya Salah.

Dari kedua enkripsian diatas anda bisa menggabungkan antara kedua enkripsi tersebut agar lebih aman dalam ekripsi data, berikut contoh scripnya.

<?php
$a = 'password';
echo crypt(md5($a));
?>

output :
// $1$xz2.mH3.$mCiinGYu4SVxIIMtuIr1/1

<?php
$a = 'password';
$b = '$1$xz2.mH3.$mCiinGYu4SVxIIMtuIr1/1';

if (crypt(md5($a),$b)===$b){
echo "Benar";
}else{
echo "Salah";
}
?>

output :
Benar

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan, terimakasih


Keyword:
  • Mengenal Enkripsi PHP
  • fungsi md5 php
  • fungsi crypt php
  • enkripsi php

Artikel Lain

How To Install Php 8 On Debian

Date : 14 Feb 2023, Category : Server, Create By : admin

To install PHP 8 on Debian, you can follow these steps: Update the package index and upgrade the system packages: sudo apt-get updatesudo apt-get upgrade Add the ondrej/php repository to your system: sudo apt-get .....

How Use Code If On Python

Date : 13 Feb 2023, Category : Tutorial, Create By : admin

The if statement in Python is used to control the flow of the program based on certain conditions. When a condition is met, the code inside the if block is .....

Menambah Panjang Karakter String Dalam Pemprograman Php

Date : 08 Jan 2019, Category : Tutorial, Create By : admin

Selamat datang di gudang ilmu aplikasi, kali ini kami akan membahas menambah panjang karakter pada sebuah string, hal ini biasanya di gunakan dalam pengkodean sebuah data, atau menambah digit nol .....