Mengenal Dan Membuat Enkripsi Php

Tanggal : 02 Jan 2019, Category : Tutorial, Create By : admin

<#\G I A/#>

Mengenal Dan Membuat Enkripsi Php

Gudang Ilmu Aplikasi

Enkripsi adalah sebuah proses mengamankan sebuah informasi dengan membuat informasi itu tidak bisa di baca secara manual agar informasi tersebut tidak bisa di ketahui oleh orang lain, bisanya enkripsi sering kita gunakan dalam pembuatan password untuk login user, sebagai developer atau pembuatan aplikasi kita wajib membuat enkripsi tersebut untuk keamanan user login.

Bahasa pemprograman php ada banyak fungsi enkripsi yang bisa anda gunakan dalam mengamankan data, akan tetapi di pembahasan kali ini kami hanya menggunakan enkripsi sederhana yang sering di gunakan berikut nama fungsi dan contoh penggunaanya.

Fungsi Md5

Fungsi enkripsi md5 ini sering di gunakan untuk mengamankan sebuah data password, akan tetapi sekarang pengunaan fungsi md5 tidak di sarankan karena sudah banyak fasilitas untuk memecahkan algoritma md5, berikut contoh penggunaanya.

<?php
$a = 'password';
echo md5($a);
?>

output :

5f4dcc3b5aa765d61d8327deb882cf99

Penggunaan fungsi enkripsi md5 di sarankan menggabungkan dengan encripsi lainya agar lebih aman.

Fungsi Crypt

Fungsi crypt lebih aman di bandingkan dengan fungsi md5 karena fungsi crypt bisa menghasilkan hasil enkrip yang berbeda walupun informasi yang di masukan sama, berikut contoh penggunaanya.

<?php
$a = 'password';
echo crypt($a);
?>

output :

$1$Ln4.2b..$kDmGStS4axfXxCDVUkv9Y.

$1$u94.f0..$rVptQ5LvhdpWxqo0CjWHc/

Hasil dari enkripsi akan berbeda - beda, sesuai degan waktu pembuatan, untuk membuat fungsi if dari enkripsi di atas anda bisa mengguanakan script di bawah ini.

<?php
$a = 'password';
$b = '$1$Ln4.2b..$kDmGStS4axfXxCDVUkv9Y.';

if (crypt($a,$b)===$b){
echo "Benar";
}else{
echo "Salah";
}
?>

output :

Benar

Peneggunaan fungsi eckripsi sangat sensitive, huruf kapital dan kecil akan di bedakan, jika dalam pembuatan awalnya mengguanakan huruf kecil dan ketika pembuatan validasi menggunakan huruf besar maka hasilnya Salah.

Dari kedua enkripsian diatas anda bisa menggabungkan antara kedua enkripsi tersebut agar lebih aman dalam ekripsi data, berikut contoh scripnya.

<?php
$a = 'password';
echo crypt(md5($a));
?>

output :
// $1$xz2.mH3.$mCiinGYu4SVxIIMtuIr1/1

<?php
$a = 'password';
$b = '$1$xz2.mH3.$mCiinGYu4SVxIIMtuIr1/1';

if (crypt(md5($a),$b)===$b){
echo "Benar";
}else{
echo "Salah";
}
?>

output :
Benar

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan, terimakasih


Keyword:
  • Mengenal Enkripsi PHP
  • fungsi md5 php
  • fungsi crypt php
  • enkripsi php

Artikel Lain

Membuat Validasi Input Data Email Dan Url Website Php

Date : 25 Jul 2018, Category : Tutorial, Create By : admin

Selamat datang di website gudangilmuaplikasi.com, kali ini kami akan membahas tentang membuat validasi input data email dan url website php menggunakan filter_var dan preg_match, pada dasarnya tutorial validasi yang kami sampaikan hanya dasar .....

Membuat Selengkapnya Pada Artikel Berdasarkan Jumlah Kata

Date : 23 Jul 2018, Category : Tutorial, Create By : admin

Selamat datang di website gudangilmuaplikasi.com, kali ini kami akan membahas tutorial tentang membuat Membuat Selengkapnya Pada Artikel Berdasarkan Jumlah Kata, function tambahan untuk membantu kita dalam membuat daftar artikel, berita read .....

Pengertian Dan Kegunaan Php Dalam Membuat Aplikasi Website

Date : 28 Jul 2018, Category : Pemprograman Website, Create By : admin

Selamat datang di website gudangilmuaplikasi.com, dalam membuat sebuah aplikasi bserbasis website, tentunnya kita akan sering menggunakan bahasa pemprograman seperti PHP, HTML, CSS, dan Javascript. kali ini gudangilmuaplikasi.com mencoba akan membahas tentang php, apa .....